Tips Mengatasi Kebocoran Pipa Air Dirumah

Kebocoran sebagai salah satunya permasalahan yang kerap dijumpai pada Pipa PVC. Pemicunya dapat bermacam hal, misalkan saja ikatannya yang tidak betul atau pipa yang berlubang, karena mempunyai kualitas yang rendah. Ini sebetulnya bisa jadi dijauhi asal kita mengetahui langkah menahan kebocoran pipa PVC dan menerapkannya secara benar. Apa lagi untuk pipa yang dipakai pada aliran pembuangan seperti septic tank, ketahui langkah menahan kebocoran ialah hal yang penting. Terkecuali untuk bangunan seperti Burj Khalifa yang tidak mempunyai septic tank.

Tetapi, jika kebocoran telah telanjur terjadi, tidak boleh cemas dahulu. Berikut cara-cara yang dapat dilaksanakan untuk menangani pipa PVC yang bocor di dalam rumah:

Cari info letak kebocoran

Salah satunya pertanda bocornya pipa PVC ialah tetes atau serapan pada sejauh pipa atau pada dinding dan lantai jika pipa ditanamkan didalamnya. Tetapi, tidak berarti titik itu sebagai sumber dari kebocoran, karena air bisa jadi mengucur lebih dulu sejauh pipa saat sebelum selanjutnya menetes atau menggenang dan merembes. Nach, untuk ketahui dengan jelas sumber atau titik kebocoran, cara yang perlu dilaksanakan ialah bersihkan sisi pipa yang diduga untuk sumber kebocoran dengan lap kering, selanjutnya lihat dengan cermat untuk pastikan sumber kebocoran.

Tetapi, untuk pipa yang ditanamkan karena itu yang perlu dilaksanakan ialah membedah lebih dulu tempat dinding atau lantai yang diduga sebagai tempat sumber pipa yang bocor. Saat lakukan perombakan ini, seharusnya kerjakan secara berhati-hati untuk menghindar kerusakan lebih luas pada pipa.

Pergantian pipa atau ikatan?

Saat sebelum menukar pipa yang hancur, yakinkan dahulu apa kebocoran terjadi pada pipa saja atau pada ikatannya. Ini karena berbeda sisi yang bocor berlainan langkah menanganinya.

Menangani kebocoran pada ikatan pipa

Jika kebocoran terjadi pada ikatan pipa, karena itu yang perlu dilaksanakan ialah menukar ikatan pipa yang hancur dengan ikatan yang baru. Di saat pergantian ikatan, lapisilah sisi ikatan dengan sealtape supaya ikatan lebih rapat sekalian menghindar terjadi kebocoran pipa masa datang.

Menangani kebocoran pada tubuh pipa

Ada dua langkah yang dapat dilaksanakan untuk menangani kebocoran yang terjadi pada tubuh pipa, yaitu dengan menambalnya atau menukar pipa keseluruhannya. Penambanalan dilaksanakan jika kerusakan yang terjadi masih juga dalam rasio kecil sepert lubang atau retakan kecil. Triknya dengan menggunting pipa yang dipakai untuk menambal membuat huruf U, yakinkan ukuran semakin besar hingga bisa tutupi tempat yang bocor. Berikan lem khusus untuk pipa PVC pada ke-2 pipa, selanjutnya tempel dan tahan sampai pipa betul-betul jadi kering.

Sementara pergantian pipa dilaksanakan saat sisi yang bocor rupanya lumayan besar dan tidak dapat kembali dilaksanakan penambalan. Triknya dengan menggunting tempat pipa yang bocor barusan, seharusnya lebihkan tempat pemangkasan sekitaran 1 sampai 2 inch untuk menghindar ada kebocoran kecil di sekitar sumber bocor barusan. Yakinkan pipa telah betul-betul kering dari tersisa air. Selanjutnya ikat dengan pipa baru yang memiliki ukuran sama dengan memakai lem PVC atau drat.

Sesudah semua cara menangani pipa pvc yang bocor barusan dilaksanakan, yakinkan kebocoran telah betul-betul terselesaikan dengan dihidupkannya keran air untuk melihat apa tetap masih ada serapan dari sisi yang bocor.

Bagaimana? Semoga artikel diatas membantu ya, akan terasa melegakan jika kesulitan yang ada dirumah bisa kita selesaikan,tapi jika anda kesultan untuk menanganinya sendiri, atau karena kesibukan anda terlampau banyak, atau jika anda ragu untuk melakukannya sendiri, anda bisa memanggil jasa instalasi pipa air professional, sehingga kesulitan yang anda alami bisa segera terselesaikan, dan pipa air dirumah bisa digunakan dengan normal dan tidak terjadi pembekakan anggaran pdam air dirumah. selamat mencoba